Gunungkelir

Kamis, 08 Mei 2008

Kambing Etawa

Di Desa Donorejo Kec Kaligesing ada satu jenis kambing yang merupakan ras yang baru yang tercipta .karena dalam sejarahnya kambing tersebut memang merupakan perkawinan silang dari kambing asli jawa dengan kambing dari luar negeri yang terjadi pada jaman penjajahan dulu

dalam perkembangannya kambing tersebut menjadi ras tersendiri yang unik dan sesuai dengan alam yang mengembangkannya

Pict0009

dan sudah barang tentu kambinglah yang menjadi andalan petani ternak di pebukitan menoreh bagian selatan dan barat tersebut,dalam menopang kegiatan ekonomi .

pembudidayaan kambing ras PE (Peranakan Etawa ) di Kec Kaligesing,dan daerah menoreh sekitarnya,pada saat ini sudah menjadi kegiatan yang menjadi andalan petani ternak secara turun temurun,dalam cara perawatan ,pengembangan ,dll ditemukan dengan riset langsung,dan berdasar pada pengalaman tradisi yang melekat pada proses yang panjang.

dalam perkembanganya Peranakan Etawa sudah menjadi komoditi yang luar biasa bagi peternak di Kec Kaligesing dan sekitarnya,dibuktikan dengan seringnya di ekspor nya kambing tersebut ke daerah luar.

Apa yang menarik di kambing PE (Peranakan Etawa)

banyak hal sebenarnya yang kalo ditulis bisa ber Episode panjang,tapi yang akan saya sampaikan adalah sekelumit menariknya Ivestasi kambing PE,satu contoh saya pada tahun 2003 dulu membeli satu induk yang harganya lumayan buat kantong saya,Rp 3,5juta ( Induk Etawa ) kemudian saya pelihara dengan sistem gaduh ( Bagi Hasil ),beberapa bulan( Masa Mengandung ) berikutnya kambing saya beranak 2 ,

Pict0007_1 gbr Anakan Etawa

dan karena saya pelihara dengan bagi hasil berarti saya dapat bagian satu dari 2 anak yang lahir,setelah selesai nyapih ( Masa Menyusui ) saya coba carikan penawar dari pedagang untuk taksir bagi hasilnya ,waktu itu dua kambing tersebut sudah ditawar dengan harga 4 juta,berarti saya dapat separohnya yaitu 2 juta karena memang kebetulan pacaane (Assesories Spesifikasi Kelas ) bagus dan bebas dari leloro( Macam Penyakit ). nah mari kita hitung berapa keuntungan dan berapa waktu yang di butuhkan untuk mendapat hasilnya. mudah bukan ? Modal 3,5 , satu bagian anak 2 jt

itu satu contoh kecil dan untuk mengetahui selanjutnya tentang Peranakan Etawa ,mudah2 saya dapat menyampaikan dalam postingan berikutnya ,tentang:

1 . Peranakan Etawa

2 . Induk Etawa

3 . Bagi Hasil

4 . Masa Mengandung

5 . Masa Menyusui

6 . Assesories Spesifikasi Kelas

7 . Macam Penyakit

Tidak ada komentar: