Gunungkelir

Minggu, 06 Juli 2008

Ogan Komering Ulu Timur

Ogan Komering Ulu Timur Adalah Sebuah Kabupaten baru di Sumatra Selatan ,sedang kenapa disebut Ogan Komering Ulu karena suku asli di sana adala suku Ogan dan Suku Komering yang hidup di tepian dua sungai besar yang melintas yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering dan daerah ini merupakan ulu atau hulu sungai jadi disebut lah Ogan Komering Ulu yang menurut sejarahnya sungai tersebut adalah sarana jalan untuk transportasi pada jaman dulunya sampai ke palembang tapi itu sudah tinggal cerita karena sekarang pemerintah disana secara serius membangungkan jalan jalan sebagai pengganti infrastruktur sarana transportasi ,dan pekerjaan saya kebetulan berada di salah satu daerah di Kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten ini tanah yang subur nan luas menghampar hutan tanaman karet serta sawah menghijau menghampar menghiasi Kabupaten ini Kabupaten ini adalah sebuah kabupaten pemekaran yang saat ini sedang berkembang pesat sebagai negri penghasil karet yang baik memiliki seorang pemimpin seorang Bupati yang berpikiran Maju ,saya tidak mengenal beliau secara bertatap muka langsung tapi dari masyarakat yang lapis bawah saya menguak kabar tentang beliau ,dalam kesempatan perjalanan saya menengok Project saya di tempat yang lain di daerah Kayu Agung yang merupakan Kabupaten juga di Sumsel sepanjang jalan saya benar terhibur dan seperti rekreasi yang membuat saya benar benar kagum adalah pertanian yang maju didukung sarana pertanian yang di bangun oleh pemerintah untuk memfasilitasi laju kembangnya pertanian dan perekonomian rakyat yang berakar dari Pertanian salah satunya adalah Bendung Komering yang terkenal sebagai BK sampai sampai daerah daerah yang dilewatinya disebut sebagai BK dari BK 1 ,BK 2 dan seterusnya berurut menurut hitungan Bendung airnya ,bendungan ini melintasi daerah Belitang yang kaya sebagai penghasil padi yang berkwalitas ,konon penduduk disini yang sebagian besar orang jawa ini di transmigrasikan sebelum merdeka ( weh Trans Kolonial ) sempat saya ngobrol dengan mereka ada yang satu daerah asal dengan saya yaitu Purworejo tapi beliau sudah keturunan kedua jadi kata mbah - mbah buyut dulu asal saya purworejo tapi saya sendiri sampai sudah punya cucu nggak tahu Purworejo nya mana hehehe perkenbangan pertanian yang kuat membuat masyarakat tangguh dalam membangun desanya dan sarana transportasi yang infrastrukturnya terus di bangun membuat kabupaten ini menjadi laju berkembang dengan pesat sektor ekonomi rakyat yang kuat membuat sebuah lingkungan yang kondusif dan giat dalam membangun negrinya .Kota mandiri yang oleh sebagian masyarakat disana impikan bakal terbukti,
Daerah ini seperti tidak pernah sepi dari pembangunan terus menerus terutama Akses jalan yang terus di bangun gedung gedung sekolah sebagai sarana pendidikan juga terus berdiri ,jadi memeng sekali waktu kita mesti melihat dan menyusuri potret daerah yang seperti ini agar kita juga masih punya harapan untuk membangun negri atau minimalnya membangun diri ,kalau melihati terus potret perkotaan yang kumuh banyak kaum miskin yang tentunya susah maka mestinya kalau kita mau bekerja dan membuka wawasan tentu tak ada ketimpangan sosial yang jauh seperti yang saya lihat di lingkungan ini antara yang kaya dan miskin susah di bedakan karena rata dan hampir maju bersama kesenjangan hampir tidak kentara .kemiskinan yang terjadi sebenarnya buakn kesalahan siapa siapa tapi kita sendiri yang tidak memiliki wacana yang luas dan semangat juang untuk hidupnya sendiri.ayo bangun negri ini beranta kemiskinan dengan berkarya dan bekerja berarti bagi teman dan lingkungan membawa dan memberi kesempatan mereka untuk bekerja bukan sekedar memanfaatkan tenaga mereka mulailah dari kita

Tidak ada komentar: